Sejarah Seni Musik

Sejarah Seni Musik

Sejarah Seni Musik

Sejarah Seni Musik

mitranet.co.id – Musik sudah ada sejak pertama kali ada orang di sana. Perkembangan seni musik sangat cepat karena banyaknya penemuan baru, khususnya di bidang budaya. Ini membuat sejarah seni musik terbagi menjadi beberapa jaman agar bisa mengenal perkembangan seni musik dengan lebih mudah. Sejarah musik seni dapat dibagi menjadi enam zaman. Yaitu zaman prasejarah, abad pertengahan, zaman barok dan rococo, zaman klasik, romantis dan modern.

2.1. Musik prasejarah

Musik telah dikenal sejak kehadiran Homo sapiens sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang tahu siapa orang pertama yang mengetahui seni musik. Alat musik tertua adalah seruling yang terbuat dari tulang berlubang. Biasanya berasal dari tulang paha beruang. Seruling dikatakan dibuat 40.000 tahun yang lalu. Koleksi alat musik kuno paling banyak ditemukan di Tiongkok, antara 7000 dan 6600 SM Dating. Prasasti dengan lagu Hurrian dari 1400 SM Ini adalah notasi tertua yang pernah direkam.

2.2. Musik abad pertengahan

Pada Abad Pertengahan (476-1572 M), musik terutama digunakan untuk kepentingan kegiatan keagamaan Kristen. Setelah berbagai penemuan baru di semua bidang, fungsi musik berkembang tidak hanya untuk kegiatan keagamaan. Dalam Renaissance (1500-1600) musik romansa dan kegembiraan muncul. Pada waktu itu, musik gereja menurun. Pada saat ini, instrumen piano dan organ juga ditemukan. Komposer yang hidup hari ini adalah Léonin, Pérotin dan Guillaume de Machaut.

2.3. Musik Barok dan Rococo

Pada periode Baroque dan Rococo (1600-1750) penggunaan barang-barang dekoratif (dekorasi musik) bahkan lebih marah. Namun, penggunaan musik barok terjadi secara spontan, sementara penggunaan musik rococo direkam dan diatur. Johan Sebastian Bach adalah tokoh musik terkenal saat itu. Dia adalah pencipta musik karang untuk khotbah di gereja dan komposer lagu-lagu instrumental. Sayangnya Sebastian Bach menjadi buta pada akhir hidupnya dan meninggal di Leipzig.

2.4. Musik klasik

Era klasik (1750-1820) muncul setelah akhir periode Barok dan Rococo. Di dunia saat ini, penggunaan dinamika menjadi lebih lembut, tempo berubah dengan accelerando (lebih cepat) dan perintah ritmis (lebih lembut) dan penggunaan ornamen terbatas. Komponis klasik terkenal adalah Johann Christian Bach, Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven.

2.5. Musik romantis

Musik di masa-masa romantis (1810-1900) sangat mementingkan perasaan subjektif. Musik digunakan untuk mengekspresikan perasaan. Karena itu, penggunaan dinamika dan kecepatan semakin digunakan. Pada saat itu, opera dan balet berkembang. Komponis terkenal periode ini adalah Ludwig van Beethoven dan Franz Schubert. Pada akhir periode romantis, orkestra berkembang sangat dramatis dan menjadi budaya urban. Berbagai teater musikal baru seperti opera, musik komedi dan berbagai bentuk teater musikal lainnya juga berkembang.

2.6. Musik modern

Pada abad ke-20, penemuan radio menjadi cara baru mendengarkan musik. Musik modern lebih fokus pada ritme, gaya dan suara. Tetapi musik saat ini tidak mengakui keberadaan hukum dan peraturan. Penemuan perekam suara dan alat untuk mengedit musik memberi musik klasik genre baru. Jadi orang semakin bebas mengekspresikan ekspresi mereka melalui musik.